Evaluasi Kinerja Bulanan dan Sosialisasi Inovasi
Dalam proses terwujudnya pelayanan pihak berperkara yang maksimal dan prima, tentunya Pengadilan Agama Lamongan tidak berhenti dalam menciptakan inovasi-inovasi. Seperti halnya aplikasi terbaru yang baru saja disosialisasikan oleh tim IT Pengadilan Agama Lamongan kepada seluruh hakim dan karyawan yang disampaikan langsung pada rapat dinas Bulan Juni tahun 2022. Rapat tersebut diselenggarakan di Ruang Sidang Utama pada tanggal 08 Juni 2022 pukul 14.00 WIB. Pengenalan aplikasi tersebut tak lain berkaitan dengan pelayanan yang disebut dengan aplikasi "Si Irma". Fungsinya, para pihak tak perlu susah payah mengambil nomor antrian berulang kali untuk mendapatkan pelayanan di PTSP karena nantinya nomor antrian tersebut akan langsung terhubung dari satu meja ke meja lainnya baik dalam kepentingan pendaftaran perkara maupun persidangan. Sehingga para pihak berperkara cukup duduk dan menunggu namanya dipanggil oleh para petugas PTSP yang bersangkutan. Selain fokus terhadap pelayanan, tim IT juga mengenalkan "Asik" sebagai inovasi terbaru yang fungsinya membantu dalam proses pelaporan perkara kepada pihak KUA Kecamatan yang berada di Kabupaten Lamongan. Di sini pihak KUA akan dengan mudah mendapatkan informasi terkait proses perkara dan data putusan yang mana masyarakat berperkaranya berada dalam jangkauan KUA tersebut.
Beralih pada hasil rapat dinas, ada beberapa poin yang telah disampaikan oleh jajaran pimpinan Pengadilan Agama Lamongan ditambah dengan laporan Hakim Pengawas Bidang periode Bulan Mei-Juni 2022 yang disampaikan oleh Dra. Hj. Lulu' Rodiyah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Bapak Panitera mengingatkan kembali agar para Jurusita yang bertugas mengisi hasil laporan panggilan para pihak secara kongkrit. Dalam artian, apabila Jurusita tidak bertemu dengan para pihak yang bersangkutan maka dapat disampaikan melalui Kepala Desa setempat, dan apabila para pihak tidak mau menerima relaas panggilan tersebut maka tetap ditulis sesuai faktanya. Kemudian ke depan, pengetikan data saksi para pihak akan dilakukan lebih awal sebelum proses persidangan demi percepatan pengetikan putusan. Lalu untuk informasi lainnya yakni dari Bapak Sekretaris bahwa dalam waktu dekat akan datang tim audit dari PTA Surabaya di mana beliau menghimbau agar seluruh karyawan menyiapkan diri termasuk pemaparan presentasi serta inovasi yang ada di PA Lamongan.
Rapat dinas disambung dengan penyampaian kebijakan oleh Bapak Ketua di mana beliau mengharapkan agar segenap karyawan tidak berpuas diri mengingat Pengadilan Agama Lamongan mendapatkan peringkat tujuh pada hasil rapor penanganan perkara berdasarkan SIPP Jumat lalu. Kemudian beliau juga menghimbau agar lebih meminimalisir adanya perkara ghoib guna percepatan perkara. Mengenai keseragaman pola apel Senin pagi dan Jumat sore kembali disampaikan agar seluruhnya dapat memperhatikan hal tersebut sesuai aturan yang telah ditetapkan. (IM)
Berita Terkait: