logo

WBK & WBBM

-
WBK & WBBM

Zona Integritas

Zona Integritas

Sertifikat Pencapaian

-
Sertifikat Pencapaian

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.
SIWAS

SIPPN MENPAN

SIPPN Merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

chat

------Whatsapp-----

ALASKA

A L A S K A (Aplikasi Layanan Akta Cerai dan Status Kependudukan)

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Direktori Putusan

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

Gugatan Permohonan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

Informasi ACO

Memberikan informasi terkait proses perkara kepada pihak berdasarkan permintaan dari para pihak

e-litigasi

Administrasi dan persidangan secara elektronik dan diterapkan secara menyeluruh pada perkara-perkara tertentu.

siwas

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 1409

Akses Mudah Informasi Alur Layanan Persidangan bagi Pihak Penyandang Disabilitas

Rangkaian Layanan Prioritas bagi penyandang disabilitas di Pengadilan Agama Lamongan dimulai dari informasi alur layanan, antrian prioritas, register khusus dan gugatan lisan. Layanan prioritas selanjunya adalah informasi alur layanan persidangan bagi penyandang disabilitas yang digagas oleh CPNS Pengelola Perkara Pengadilan Agama Lamongan Ananda Nur Fauziah, A.Md. Inovator tersebut bertugas melaksanakan kegiatan pelayanan terkait dengan pelaksanaan pelayanan informasi alur berperkara bagi penyandang disabilitas.

Inovator tersebut menciptakan SOP informasi alur berperkara di Pengadilan Agama Lamongan bagi para pihak penyandang disabilitas berbentuk video yang dilengkapi bahasa isyarat. Video yang ditayangkan di lobby gugatan mandiri sejak 17 November 2022 tersebut mudah diakses para pihak ketika sedang mengantri. Sebelumnya, belum tersedia informasi mengenai layanan alur berperkara kepada pihak disabilitas. Hal tersebut dapat menyulitkan pihak berperkara dalam pendaftaran apabila ada berkas persyaratan yang masih belum lengkap. Berikut alur pelayanan informasi persidangan bagi pihak penyandang disabilitas pada Pengadilan Agama Lamongan :

  1. Pihak Disabilitas datang ke Pengadilan Agama Lamongan lalu memarkirkan kendaraannya pada tempat parkir khusus Disabilitas
  2. Petugas keamanan sigap saat mengetahui para pihak disabilitas datang dan menanyakan keperluannya apa
  3. Petugas keamanan membantu mengambilkan alat penunjang Disabilitas yang dibutuhkan di Halte Difabel dan kaum rentan
  4. Petugas keamanan mengarahkan ke meja anjungan disabilitas dan kaum rentan
  5. Petugas anjungan Disabilitas melakukan pendataan peminjaman alat difable yang digunakan sesuai kebutuhan para pihak dari Halte Difabel dan Kaum Rentan
  6. Petugas anjungan Disabilitas  mengambilkan nomor antrian persidangan dan mengarahkan pihak Disabilitas ke kursi prioritas untuk menunggu antrian persidangan
  7. Petugas layanan membantu pihak disabilitas untuk masuk ke ruang sidang yang dituju
  8. Setelah persidangan berakhir / selesai, petugas layanan kemudian akan membantu kaum difabel / rentan untuk keluar dari ruang sidang
  9. Petugas keamanan kemudian akan mengantarkan kaum difabel / rentan menuju tempat parkir kendaraan kaum difabel / rentan tersebut.

Adanya Informasi mengenai alur berperkara untuk para pihak disabilitas akan terasa sangat bermanfaat. Dari informasi tersebut, para pihak dapat mengetahui bagaimana alur dan persyaratan dokumen yang dibutuhkan sehingga para pihak dapat menyiapkan terlebih dahulu dari rumah. Hal tersebut berdampak pada terpenuhinya standar pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, utamanya para pihak penyandang disabilitas. -AR

Hubungi Kami

PA Lamongan

Jalan Panglima Sudirman No. 738B Lamongan Jawa Timur 62291

(0322) 321185 / 0858-5036-0486

(0322) 311017

pa.lamongan@gmail.com

delegasi.pa.lamongan@gmail.com